Langsung ke konten utama

Cara Membuat Kopi Menggunakan Moka Pot



Beberapa waktu lalu saya membeli sebuah alat kopi yang sudah sangat terkenal di jagat perkopian.

Tidak lain dan tidak bukan adalah Moka Pot, sebuah alat kopi manual yang mungil ini merupakan buatan dari italia.

Kenapa saya memilih Moka Pot? karena kemampuannya yang tidak diragukan lagi dalam membuat espresso yang kental tanpa peralatan listrik maupun peralatan mewah kopi lainnya.

Tetapi ada sedikit kendala, yaitu tidak terlalu banyak dari sahabat saya yang menggunakan alat ini, bahkan di sekitaran saya juga hampir tidak ada yang membuat kopi dengan Moka Pot.

Jadi, agak sedikit sulit bagi saya untuk menemukan takaran yang sesuai untuk membuat espresso yang enak dikarenakan kurangnya referensi tentang Moka Pot.

Akhirnya setelah beberapa kali percobaan dan beberapa kali kegagalan, barulah saya berhasil menemukan resep espresso yang menurut saya pas!

Kalo gitu langsung aja kita cek sama-sama tips membuat kopi dengan Moka Pot.

Oh iya, saya terbuka untuk diskusi, jadi kalo ada sobat kopi yang merasa tips dari saya ini ada yang nggak pas, ato ganjel langsung aja tulis di kolom komentar. Biarkan saya tahu apa yang sobat pikirkan! hahaha

Alat-alat yang dibutuhkan:
  • Moka Pot
  • Kompor
  • Kopi
  • Penggiling Kopi
  • Timer
  • Gelas Espresso


Instruksi Penyeduhan dengan Moka Pot:
  1. Selalu pastikan bahwa alat dan air yang digunakan selalu bersih.

  2. Rebus air mencapai suhu 95 derajat celcius, lalu tuangkan air tersebut ke dalam bagian bawah Moka Pot.

  3. Giling biji kopi sebanyak 24 gram, gilingan medium to fine, lalu taruh ke bagian porta filter Moka Pot. Pada bagian ini saya biasanya meratakan bubuk kopi dengan jari saya dan ingat agar jangan di tamping(tekan) seperti sedang membuat espresso pada umumnya!.

  4. Setelah itu pasang bagian atas Moka Pot, hati-hati karena bagian bawah Moka Pot akan sangat panas.

  5. Taruh Moka Pot diatas kompor, gunakan api sedang.

  6. Pada bagian ini sobat harus sabar menunggu, suhu panas dari kompor akan membuat tekanan dari bagian bawah dan mendorong air ke bagian atas porta filter.
    Sobat akan mendengar suara seperti "seeessshhh" dan tekanan yang dihasilkan oleh panas tadi akan mengeluarkan kopi pada bagian atas Moka Pot.
    Jika air yang keluar agak sedikit meledak-ledak berarti api dari kompor terlalu besar, jika air nya keluar sedikit demi sedikit maka api terlalu kecil, hasil yang baik adalah airnya mengalir secara terus menerus .

  7. Segera angkat Moka Pot dari kompor dan letakkan Moka Pot diatas handuk basah bertujuan untuk menghentikan ekstraksi yang masih berlanjut (beberapa orang terkadang menyiram bagian bawah Moka Pot dengan air dari keran), cara ini dilakukan agar tidak ada rasa logam yang terbawa ke dalam espresso karena ekstraksi yang berlebihan.

  8. Tuangkan espresso yang sudah sobat seduh ke dalam gelas espresso yang telah sobat hangatkan sebelumnya.

  9. Selamat menikmati kopimu sob!


Hasil yang diharapkan adalah sebuah kopi yang kental dengan body yang tebal serta aroma yang kuat, benar-benar cita rasa yang tinggi dari segelas kopi.

Saran:
  • Selalu pastikan agar bubuk kopi terdistribusi dengan baik, harus merata di dalam porta filter. jangan lupa gunakan jari sobat untuk mertakannya.
  • Selalu gunakan kopi yang segar untuk hasil yang terbaik, diutamakan kopi yang berusia 4 hari setelah proses pemanggangan (roasting)
  • Gunakan Moka Pot sesering mungkin untuk meningkatkan rasa espresso dan juga untuk mengilangkan rasa besi yang ada dalam Moka Pot.
  • Cuci Moka Pot sobat hingga benar-benar bersih, jangan gunakan sabun karena akan mempengaruhi performa dari Moka Pot.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hantu Kopi Luwak? Ada-Ada Saja

Masyarakat di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, kembali digegerkan dengan merebaknya isu setan kopi luwak. Isu tersebut sebenarnya pernah beredar pada pertengahan tahun lalu, tapi kemudian hilang begitu saja. Kini desas-desus tersebut terdengar lagi dan malah makin meluas ke daerah lain. Tokoh masyarakat Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Bekasi, Saban, 50 tahun, mengatakan setiap hari warganya membicarakan setan kopi luwak. Padahal masyarakat sendiri belum pernah melihat wujud hantu yang dipergunjingkan itu. "Katanya hanya bau yang bisa dirasakan," kata Saban, Sabtu, 30 Mei 2015. Berdasarkan laporan masyarakat, bau yang tercium itu seperti kopi baru diseduh. Aroma semerbaknya sangat kuat. Padahal tak ada warga yang sedang minum kopi atau menyeduh. "Makanya disebut setan kopi luwak," ujarnya. "Saya sendiri juga belum pernah merasakannya. Tapi banyak warga saya yang mengaku merasakannya." Laporan lain menyebutkan, setiap aroma tersebut muncul, ada

Cara Membuat Kopi Menggunakan Siphon

Siphon dikenal sebagai pembuat kopi dengan metode vakum (sedot), ide menyeduh kopi ini adalah dengan menyedot dari dua bilik dimana tekanan uap dan vakum tersebut menghasilkan kopi. Seluruh proses membutuhkan kesabaran dan ketelitian tapi jika dilakukan dengan benar, maka akan menghasilkan secangkir kopi yang nikmat dan memuaskan. Bilik yang dijelaskan terdiri dari komponen atas siphon yang biasa disebut "hopper" dan komponen dasarnya disebut "bulb" . Terdapat ruang kosong di antara hopper dan bulb . Bulb diletakkan di atas sumber panas yang menciptakan tekanan uap. Tekanan ini memaksa air masuk ke dalam hopper dimana ia bercampur dengan bubuk kopi. Ketika sebagian besar air di dalam bulb telah pindah ke dalam hopper , segera ambil sumber panasnya. Dengan hilangnya sumber panas, bulb akan menjadi sejuk dan kopi di hopper benar-benar menetes ke bulb dan bulb berisi kopi yang siap Sobat nikmati. Apa itu sumber panas? sumber panas merupakan pembakar butana k

Tips Membuat Kopi Nikmat Dimana Saja Dengan AeroPress

Ibarat David Beckham dalam dunia sepak bola, tidak pernah menjadi pemain terbaik dunia tapi selalu menjadi idola setiap fans sepak bola. Ya AeroPress juga kira-kira kaya gitu, bukan satu-satunya alat terbaik untuk membuat kopi, tapi selalu mendapat ruang tersendiri di setiap hati penikmat kopi. Alat ciptaan insinyur Alan Adler ini sudah menjadi alat kopi yang wajib dimiliki oleh setiap penikmat kopi. Benda mungil nan portabel ini sangat ringan dan bentuk tubuhnya yang mungil itu lah yang membuat AeroPress menjadi pilihan pertama Sobat Kopi sebagai teman perjalanan agar tetap dapat menikmati secangkir kopi yang sempurna. Kalo menurut Sobat Kopi kenapa alat yang satu ini wajib, karena harganya yang terjangkau, mudah dalam proses dan pembuatannya paling cepat sob!. Terdapat dua metode pembuatan kopi dalam AeroPress, cara yang pertama adalah Inverted Method dan cara yang kedua adalah Original Method , saya termasuk orang yang suka bermain dengan kedua cara tersebut karena sangat men